Jumat, 01 Juni 2012
RPP Mengintifikasi Unsur- Unsur Intrinsik dan EkstrinsikSuatu Cerita yang Disampaikan Secara Langsung
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH : SMA Kartika Kendari
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS : X
SEMESTER : 1
ALOKASI WAKTU : 2 x 45 Menit
STANDAR KOMPETENSI
Mendengarkan: 1. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung/tidak langsung.
KOMPETENSI DASAR
Mengidentifikasi unsur sastra (intrinsik dan ekstrinsik) suatu cerita yang disampaikan secara langsung/rekaman.
INDIKATOR | TUJUAN PEMBELAJARAN | MATERI PEMBELAJARAN | SKENARIO PEMBELAJARAN |
.
Kognitif
Proses
Mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik yang ada di dalam cerpen
| Kognitif
Proses
Setelah membaca cerpen yang disajikan, siswa diharapkan mampu menemukan unsur-unsur intrinsik yang terdapat di dalam cerpen.
| Teks cerita pendek |
PERTEMUAN I
A1 Kegiatan awal (10 menit)
Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan menanyakan keadaan siswa yang tidak hadir.
Guru memberi motivasi kepada siswa.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai.
Guru melakukan apersepsi dengan bertanya mengenai pengetahuan siswa tentang unsur intrinsik yang terdapat dalam karya sastra
|
Produk
Menentukan unsur intrinsik yang ada di dalam cerpen
Menjelaskan maksud unsur intrinsik cerpen
| Produk
Setelah
membaca dan membahas hasil pencapaian tujuan proses di atas, siswa
diharapkan mampu menuliskan kembali unsur-unsur intrinsik yang telah
ditemukan.
|
B1 Kegiatan inti (25 menit)
Siswa membentuk kelompok antara 4-5 orang per kelompok.
Guru memberi penjelasan tentang kinerja yang akan dilakukan siswa pada saat menyimak cerita yang akan disampaikan.
Siswa mendengarkan/menyimak cerita pendek yang sudah disediakan oleh guru, yang akan dibacakan oleh teman secara bergantian.
Secara berkelompok siswa berdiskusi mengenai unsur intrinsik di dalam
cerpen kemudian mengidentifikasi dan menuliskan unsur intrinsik yang
terdapat di dalam cerpen.
Setiap kelompok menunjuk salah satu
anggotanya untuk menyampaikan secara lisan hasil diskusi secara runtut
dan jelas di depan kelas.
Siswa bertanya jawab/menanggapi
informasi yang didengar/disimak dengan bahasa dan alasan yang rasional
dan logis.
| |
Psikomotor
Menyampaikan unsur-unsur intrinsik yang telah ditemukan di dalam cerpen
Menanggapi penjelasan tentang unsur-unsur yang ditemukan oleh teman.
Afektif
Karakter
Kerja sama
Teliti
Tanggap
Produk | Afektif
Karakter
Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperhatikan kemajuan dalam perilaku seperti kerja sama, teliti dan tanggap.
|
C1 Kegiatan akhir (10 menit)
Guru dan siswa melakukan refleksi tentang pembelajaran hari ini.
Guru dan siswa menyimpulkan pembelajaran hari ini.
Guru memberi tugas kepada siswa kemudian pembelajaran ditutup dengan salam.
C1 Kegiatan akhir (10 menit)
Guru dan siswa melakukan refleksi tentang pembelajaran hari ini.
Guru dan siswa menyimpulkan pembelajaran hari ini.
Guru memberi tugas kepada siswa kemudian pembelajaran ditutup dengan salam.
| |
Keterampilan sosial
Menyampaikan hasil diskusi dengan baik dan benar
Membantu teman yang mengalami kesulitan.
| Keterampilan sosial
Siswa
terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam
kerampilan menyampaikan hasil diskusi dengan bahasa yang baik dan benar,
bekerja sama dalam kelompoknya, dan membantu teman yang mengalami
Produk
Setelah
membaca dan membahas hasil pencapaian tujuan proses di atas, siswa
diharapkan mampu menuliskan kembali unsur-unsur intrinsik yang telah
ditemukan.
kesulitan. |
INDIKATOR
Kognitif
Proses
Mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik yang ada di dalam cerpen
Produk
Menentukan unsur intrinsik yang ada di dalam cerpen
Menjelaskan maksud unsur intrinsik cerpen
Psikomotor
Menyampaikan unsur-unsur intrinsik yang telah ditemukan di dalam cerpen
Menanggapi penjelasan tentang unsur-unsur yang ditemukan oleh teman.
Afektif
Karakter
Kerja sama
Teliti
Tanggap
Keterampilan sosial
Menyampaikan hasil diskusi dengan baik dan benar
Membantu teman yang mengalami kesulitan.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Kognitif
Proses
Setelah membaca cerpen yang disajikan, siswa diharapkan mampu menemukan unsur-unsur intrinsik yang terdapat di dalam cerpen
Produk
Setelah
membaca dan membahas hasil pencapaian tujuan proses di atas, siswa
diharapkan mampu menuliskan kembali unsur-unsur intrinsik yang telah
ditemukan.
Psikomotor
Secara berkelompok siswa dapat menyampaikan unsur intrinsik cerpen yang disediakan dalam LKS 1: psikomotor.
Afektif
Karakter
Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperhatikan kemajuan dalam perilaku seperti kerja sama, teliti dan tanggap.
Keterampilan sosial
Siswa
terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam
kerampilan menyampaikan hasil diskusi dengan bahasa yang baik dan benar,
bekerja sama dalam kelompoknya, dan membantu teman yang mengalami
kesulitan.
MATERI PEMBELAJARAN
Teks cerita pendek
MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Model pembelajaran : pembelajaran langsung (eksplisit)
Metode pembelajaran
Diskusi
Unjuk kerja
Penugasan
BAHAN
Lembar kerja
Spidol
ALAT
Teks Cerita Pendek
SKENARIO PEMBELAJARAN
No Kegiatan Penilaian Pengamat
1 2 3 4
PERTEMUAN I
A1 Kegiatan awal (10 menit)
Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan menanyakan keadaan siswa yang tidak hadir.
Guru memberi motivasi kepada siswa.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai.
Guru melakukan apersepsi dengan bertanya mengenai pengetahuan siswa tentang unsur intrinsik yang terdapat dalam karya sastra
B1 Kegiatan inti (25 menit)
Siswa membentuk kelompok antara 4-5 orang per kelompok.
Guru memberi penjelasan tentang kinerja yang akan dilakukan siswa pada saat menyimak cerita yang akan disampaikan.
Siswa mendengarkan/menyimak cerita pendek yang sudah disediakan oleh guru, yang akan dibacakan oleh teman secara bergantian.
Secara berkelompok siswa berdiskusi mengenai unsur intrinsik di dalam
cerpen kemudian mengidentifikasi dan menuliskan unsur intrinsik yang
terdapat di dalam cerpen.
Setiap kelompok menunjuk salah satu
anggotanya untuk menyampaikan secara lisan hasil diskusi secara runtut
dan jelas di depan kelas.
Siswa bertanya jawab/menanggapi
informasi yang didengar/disimak dengan bahasa dan alasan yang rasional
dan logis.
C1 Kegiatan akhir (10 menit)
Guru dan siswa melakukan refleksi tentang pembelajaran hari ini.
Guru dan siswa menyimpulkan pembelajaran hari ini.
Guru memberi tugas kepada siswa kemudian pembelajaran ditutup dengan salam.
SUMBER PEMBELAJARAN
Buku: Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X
Materi esensial Bahasa Indonesia
Silabus
EVALUASI DAN PENILAIAN
Tugas Individu: Menggunakan LKS
Jenis Tagihan Penilaian: LKS 1 dan LP 1
Bentuk Instrumen Penilaian:
Uraian Bebas
Jawaban Singkat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar